Basic Movement dan Basic Collision Pada Flash

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown Rabu, 21 September 2011 0 komentar

Salahsatu dasar dari game flash yang dikendalikan memakai tombol keyboard adalah bagaimana kita menggerakkan object movieClip tersebut bergerak sesuai perintah pada tombol keyboard. Berikut ada sedikit tutorial basic movement untuk menggerak movieClip menggunakan tombol panah keyboard.
Yang perlu dipahami disini adalah untuk menggerakkan suatu movieClip kita hanya mengubah nilai dari posisi sumbu x dan y dari movieClip tersebut. Karena nilai-nilai sumbu dari movieClip tersebut diubah secara terus-menerus ketika tombol panah ditekan maka mengakibatkan posisi movieClip bergeser dari tempat semula. Atau istilah kerennya bergerak… wkwkwkwk…
Mari kita mulai praktekkan :D
Pertama, buat dua buah layer pada timeline. Hal ini berguna untuk menempatkan object movieClip dan actionscript-nya. Kenapa harus disendirikan? hmmm… hal ini untuk memudahkan manajemennya aja :). Selanjutnya buat object lingkaran menggunakan oval tool. Seleksi semua object lingkaran tersebut dan jadikan symbol dengan cara pilih menu Modify, terus pilih Convert to Symbol. Jika ga pengin cara yang bertele-tele klik aja tombol F8 di keyboard untuk shortcut menjadikan symbol. Beri nama sesuka kamu symbol tersebut. Jangan lupa pilih type-nya movie clip.
Basic Movement Flash
Kemudian beri nama instance name-nya karakter_mc. Ingat nama yang berlaku untuk pemrograman nanti adalah nama pada instance name bukan nama symbol yang telah kita buat tadi.
Basic Movement Pada Flash
Selanjutnya masukkan actionscript pada layer "script". Caranya klik pada layer tersebut kemudian tekan tombol F9 pada keyboard untuk memunculkan panel actionscript.
Actionscript untuk basic movement movieClip adalah sbb :
Actionscript Basic Movement
onEnterFrame adalah event dimana actionscript akan dijalankan berulang-ulang. Kecepatan pengulangannya tergantung berapa besar FPS frame rate dari file flash tersebut. Defaultnya sih 12 fps (frame per second). Tapi agar gerakan object lebih halus coba ganti dengan nilai 24 fps atau sesuai selera kamu :D
Pada actionscript diatas dapat dipahami bahwa ketika tombol-tombol panah pada keyboard ditekan, maka posisi sumbu x dan y dari movieClip tersebut akan ditambah dan dikurangi sesuai dengan tombol panah mana yang ditekan. Misal jika yang ditekan tombol panah atas (UP), maka posisi sumbu y dari movieClip "karakter_mc" akan dikurangi sebanyak 3. Karena actionscript tersebut dimasukkan ke dalam event onEnterFrame maka pengurangan sumbu y akan dilakukan berulang-ulang selama tombol panah atas (UP) masih ditekan. Akibatnya movieClip "karakter_mc" akan bergerak ke atas.
Setelah basic movement dikuasai, sekarang kita akan membahas materi collision atau benturan.
Collision sangat berguna banget untuk membuat game flash menjadi atraktif. Bayangkan sebuah gamepesawat yang terkena peluru kemudian pesawat tersebut meledak. Proses peluru mengenai pesawat tersebut dinamakan collision.
Dari tutorial basic movement diatas bisa kita gunakan lagi untuk mempraktekkan basic collision. Buat movieClip baru kemudian beri nama instance name-nya karaktermusuh_mc. Untuk mengetahui terjadi collision apa tidak diantara dua object movieClip, kita bisa menggunakan perintah hitTest. Caranya cukup mudah tambahkan actionscript dibawah ini.
Basic Collision Flash
Pada actionscript diatas dapat kita pahami jika movieClip "karakter_mc" digerakkan dan menyentuh movieClip "karaktermusuh_mc" maka akan terjadi collision sehingga berakibat nilai alpha (transparan) dari karakter_mc menjadi 30. Selanjutnya jika collison tidak aktif nilai alpha karakter_mc menjadi normal lagi 100.
Source code : http://www.geocities.com/unazzanu/share/basic-movement-flash.zip
Yup sekian dulu basic movement dan basic collision kali ini. Semoga berguna… :)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Basic Movement dan Basic Collision Pada Flash
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://cintafido.blogspot.com/2011/09/basic-movement-dan-basic-collision-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Online Skill - Cinta fido Fido | Kopi kanan Akherat | Kisah Nabi Muhammad | Sahabat | Belajar Blogger | Template | HTML | Tutorial | Komputer.

investasi semoga anda senang

kurs mata uang BCA-2


Selamat datang di blog cinta fido, semoga anda diberi keSehatan oleh alloh SWT

Islam itu Cinta Damai Agama Islam Cinta Damai
jihad Damai adalah amal kebaikan yang Allah perintahkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam