Cara Perbanyakan Adenium dengan Grafting

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by mukhammad nur Senin, 18 Februari 2013 0 komentar
Cara Perbanyakan Adenium dengan Grafting, Cara Perbanyakan Adenium dengan Cara Sambung (Grafting), Proses Perbanyakan Adenium dengan trik sambung. Bila kamu punya banyak Adenium di rumah, dan Anda kerap memangkasnya (prunning), jangan sia-siakan atau dibuang begitu saja hasil pemangkasan Anda itu. Batang-batang Adenium Anda masih bisa diperbanyak. Yaitu dengan ‘memasang’nya di atas pucuk Adenium Lokal atau yang biasa disebut Kamboja Jepang.
Perbanyakan dengan cara sambung atau cara grafting itu pada dasarnya adalah menggabungkan batang atas hasil pruningan tadi, dengan batang bawah. Bahan batang bawah, harus dipilih dari tanaman Kamboja Jepang berbongol/ berdiamater mulai dari 3 cm ke atas.
Andaikata pun Anda tidak punya bahan untuk batang atas, tak perlu risau. Bahan untuk batang atas ini, banyak tersedia di pasaran dengan variasi bunga hampir mencapai 100 warna.
Keunggulan yang diperoleh dengan cara perbanyakan model ini ialah, Anda dapat memperoleh tanaman yang sama atau lebih unggul dari induknya dan waktu yang dibutuhkan untuk perbanyakan relatif singkat, hanya sekitar 14 hari (2 minggu).
Cara sambung yang lazim dilakukan pada adenium adalah cara sambung pucuk (top grafting). Bagaimana caranya? IKuti petunjuk berikut:
  • Cara Perbanyakan Adenium dengan GraftingPilih tanaman untuk batang bawah dan batang  atas yang sehat. Batang bawah berdiameter lebih besar daripada batang atas
  • Gunakan pisau steril dan tajam, untuk memotong batang bawah dengan bentuk huruf V, dan potong batang atas dengan bentuk V terbaik. Panjang batang atas idealnya 3-8 cm.
  • Masukkan batang atas tsb ke dalam celah batang bawah, lalu ikat sambungan itu dengan sealtape, atau potongan plastik bening (dari kantong plastik gula pasir). Usahakan sambungan tidak terkena air.
  • Untuk mengurangi penguapan dan mempercepat tumbuhnya tunas, sisakan 2-4 helai daun pada batas atas; dan potong daun tsb menjadi setengahnya atau pangkas semua daun.
  • Bungkus batang yang disambung tadi dengan kantong plastik, dan letakkan di tempat teduh selama sekitar 7-10  hari.
  • Dalam kurun waktu itu akan terlihat munculnya tunas daun. Buka kantong plastiknya; dan taruh di bawah matahari. Dan Anda sudah berhasil, ‘menciptakan’ Adenium baru. Mudah bukan?
Disalin dari toekangkeboen.com

Grafting Bor Pada Adenium

Apa bagusnya Grafting Bor? Kenapa harus Grafting Bor? Dan mungkin banyak lagi pertanyaan yang akan muncul berkisar grafting dengan cara bor ini. Apakah ini suatu metoda baru? Tidak, ini bukan suatu metoda grafting baru, grafting dengan cara bor sudah lama dikenal oleh trainner bonsai, hanya saja grafting bor pada Adenium sedikit dimodifikasi sesuai dengan struktur batang adenium itu sendiri. Bila pada bonsai berkayu keras, kita dapat melakukan grafting bor langsung dengan mengunakan bor tangan atau bor listrik dengan mata bor yang disesuaikan dengan besarnya entres yang hendak di grafting. Tapi pada adenium yang berbatang kayu semu seperti umumnya pohon sukulen, akan sangat mudah busuk dan rusak bila dilakukan pengeboran dengan alat bor pada umumnya.
1. Peralatan.
Untuk melakukan Grafting Bor pada Adenium, kita memerlukan peralatan sbb:
  1. Pipa Aluminium atau pipa stainless yg besarnya sesuai dengan entress yang akan digrafting. Pipa pipa tersebut kemudian diasah pada salah satu ujung bagian dalamnya sehingga menjadi tajam dan rata. Pengasahan pipa dapat dilakukan dengan menggunakan amplas. Pipa ini dianjurkan disiapkan dalam beberapa ukuran, mengingat entress yang akan kita grafting pun bervariasi besarnya.
  2. Pisau kecil yang tajam dan runcing. Pisau yang dapat digunakan seperti pisau untuk pengrajin (hobbies tools set) yang dapat diperoleh di toko perkakas atau pisau bedah yang dapat diperoleh di toko alat alat kedokteran.
  3. Lem yang kuat dan cepat kering, lem yang biasa digunakan disini adalah Power Glue.
  4. Alkohol, untuk menstrerilkan alat alat diatas yang akan dipakai untuk grafting.
  5. Kain yang bersih dan kering atau tissue.
2. Cara Kerja
Berikut ini adalah langkah langkah untuk melakukan Grafting Bor.
  1. Cara Perbanyakan Adenium dengan GraftingSiapkan pohon dan entress yang akan digrafting. Bersihkan permukaan pohon yang akan dibor dengan kain yang bersih, tapi jangan sampai melukai.
  2. Bersihkan peralatan yang telah disiapkan dengan cara merendam dalam alkohol dan biarkan kering (bisa dibantu dengan membakarnya pakai korek api gas).
  3. Pilih pipa yang besarnya sesuai dengan entress yang akan digrafting, lalu tancapkan secara tegak-lurus pada pohon dititik dimana entress akan ditempelkan sedalam kurang lebih 3-5mm, lalu dicabut keluar. Batang pohon bekas tancapan pipa akan terpotong membentuk bulatan sebesar diameter pipa.
  4. Ambil pisau kecil yang telah disiapkan dan bersihkan potongan pohon dari pipa sedalam yang kita tancapkan.
  5. Ambil entress yang telah kita siapkan, potong sedikit ujung entress tersebut dan tancapkan ke lubang pada pohon yang telah kita buat secara tegak lurus, apabila keluar getah bersihkan dengan kain atau tissue yang telah disediakan. Lalu teteskan Power Glue pada batas sambungan dan tiup hingga kering.
  6. Lakukan langkah langkah diatas (2.c. hingga 2.e.) untuk entress entress lain yang akan digrafting.
  7. Taruh pohon yang sudah selesai digrafting pada tempat sedikit ternaungi dan tidak terkena hujan selama seminggu agar entress yang disambung tidak mudah layu.

3. Kekurangan dan kelebihan Grafting Bor.

Segala sesuatu hal didunia ini selalu ada plus minusnya, tidak terkecuali pada metoda Grafting Bor.

Kelebihan dari Grafting Bor
Kelebihan dari metoda grafting antara lain, tidak adanya bekas luka yang menandakan kalau entress yang kita graftingkan adalah graftingan. Akan bagus bila diterapkan pada penambahan cabang untuk pembentukan bonsai yang kita bentuk, misalnya untuk mengisi kekosongan ruang pada dimensi bonsai atau untuk sekedar menambahkan anak cabang, sehingga memiliki percabangan yang lebih banyak sesuai dengan yang kita inginkan.
Penbentukan percabangan yang tidak mungkin kita dapat dari pertumbuhan alami pohon atau yang terlalu lama ditunggu pada pertumbuhannya.
Kekurangan dari Grafting Bor
Kekurangan dari grafting bor adalah diperlukannya suatu ketelitian dalam prosesnya sendiri. Tidak seperti proses metode grafting lainnya, pada grafting bor kita harus membersihkan lubang bor pada pohon yang kita buat dengan ektra hati hati dan teliti agar tidak merusak jaringan pohon yang bisa mengakibatkan pembusukan. Entress yang ditempelkan pada grafting bor cenderung lebih gampang lepas dibanding metoda lainnya sehingga dari proses grafting hingga entress telah menempel pada pohon harus diperhatikan agar pohon tidak digoyang atau tersentuh. Menurut pengalaman entress akan menempel cukup kuat setelah minimal 1 bulan.
Selamat Mencoba!

Sambung Ngebor Ratu Gurun Oleh trubus

Ingat goyang ngebor Inul Daratista? Lima tahun silam penyanyi asal Pasuruan, Jawa Timur, itu menghebohkan dunia dangdut dengan goyangan tak lazim. Gara-gara istilah ngebor hobiis adenium di tanahair pun geger. Bedanya bukan teknik goyang yang diributkan, tapi teknik sambung bor ala Fendi Salim yang unik. Batang bawah bukan dipotong atau disayat membentuk V, tapi ‘dibor’ dengan besi bulat.
Bukan tanpa alasan sambung bor adenium disebut unik. ‘Saya belum mendengar teknik itu. Yang lazim dipakai pekebun ada 4 macam,’ kata Ir Slamet Budiarto, dari PT Godong Ijo Asri. Teknik itu ih salaambung V, sambung sisip, sambung satu mata, dan sambung ala Vietnam. Yang disebut terakhir dikenal juga dengan istilah sambung flat alias rata. Disebut ala Vietnam karena banyak digunakan nurseri di negeri tersebut.
Keempat teknik itu mempunyai kesamaan. Menggunakan plastik lentur sebagai pengikat untuk menyatukan batang bawah dan mata tunas atau batang atas. Plastik populer karena dianggap mudah didapat dan ekonomis oleh pekebun. Namun, bagi pemula proses pengikatan itu menyulitkan. ‘Tunas yang dipakai terlalu kecil, sukar mengikatnya,’ kata Nugraha Susanto, hobiis di Jakarta, mengomentari sambung satu mata dan flat. Sambung V kerap menimbulkan bekas meski sambungan telah menyatu.
Hadirnya sambung bor ala Fendi Salim seolah menjawab kesulitan itu. ‘Tekniknya sederhana. Bekas sambungan tak kentara. Bahannya pun gampang didapat di perkotaan,’ kata Sulastama Raharja, hobiis adenium di Pekanbaru, Riau. Menurut Fendi sambung bor sebetulnya telah lama dipakai pada bonsai. Untuk adenium teknik itu dimodifi kasi lantaran struktur batang adenium bukan kayu keras seperti tanaman bonsai. Batang si ratu gurun itu banyak mengandung air karena tergolong sukulen.
Mudah
Sejatinya sambung bor tak menggunakan bor tangan atau bor listrik sebagai alat. Pipa logam tipis dipakai sebagai pengganti bor. ‘Yang paling mudah menggunakan logam bekas antena atau jemuran,’ kata Fendy. Pipa itu diasah dengan kikir agar berujung tajam dan rata. Penyatuan batang atas dan bawah menggunakan lem super (lem plastik, red).
Menurut Fendi, prinsip utama sambung bor ialah menyesuaikan ukuran entres alias batang atas dengan pipa. Lantaran itu dianjurkan pipa tersedia dalam berbagai ukuran karena ukuran batang atas biasanya bervariasi. Peralatan lain berupa pisau kecil berujung runcing, alkohol, dan tisue bersih.
Teknik sambung bor pun memungkinkan hobiis membuat kreasi baru adenium di luar kelaziman. Misal, setiap cabang bisa dihubungkan dengan cabang lain membentuk segitiga. ‘Membuat konstruksi rumah dari adenium pun bisa,’ kata Fendi.
Menurut Gede Suyono, pemain adenium di Denpasar, Bali, hadirnya sambung bor sebagai teknik baru patut diacungi jempol. ‘Selama ini bekas sambungan yang kentara mengganggu kesan pertama adenium di arena kontes,’ kata pria yang kerap menjuri itu. Namun, menurut Gede untuk tanaman kontes, arah sambungan sebaiknya tetap memperhatikan arah tumbuh cabang. Misalnya, sudut antara batang bawah dan cabang yang tegak lurus mesti dihindari. (Destika Cahyana)

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Perbanyakan Adenium dengan Grafting
Ditulis oleh mukhammad nur
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://cintafido.blogspot.com/2013/02/cara-perbanyakan-adenium-dengan-grafting.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Online Skill - Cinta fido Fido | Kopi kanan Akherat | Kisah Nabi Muhammad | Sahabat | Belajar Blogger | Template | HTML | Tutorial | Komputer.

investasi semoga anda senang

kurs mata uang BCA-2


Selamat datang di blog cinta fido, semoga anda diberi keSehatan oleh alloh SWT

Islam itu Cinta Damai Agama Islam Cinta Damai
jihad Damai adalah amal kebaikan yang Allah perintahkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam