Tips Cara Memilih Mesin Jahit Bekas

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by mukhammad nur Selasa, 22 Oktober 2013 1 komentar
Tips Cara Memilih Mesin Jahit Bekas, barang secon kemungkinan harga miring bin murah :D. Pada postingan ini saya akan menulis tentang tips membeli mesin jahit. Bagi anda yang masih awam akan mesin jahit memilih mesin jahit jadi membingungkan. Sebenarmya mesin jahit yang bagus itu yang bagaimana? Nah, sebelum anda memutuskan membeli mesin jahit perhatikan tips membeli mesin jahit di bawah ini, info aku dapat dari internet, simak saja, karena aku saat artikel ini dibuat belum punya mesin jahit sendiri.

Tips Cara Memilih Mesin Jahit

memilih mesin jahit

Banyak sekali jenis mesin jahit yang ada dipasaran, dari yang hanya berharga ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Untuk anda yang hanya ingin menggunakan mesin jahit untuk hobby atau penjahit rumahan seperti aku, rasanya tidak perlu membeli mesin jahit high speed kelas industri, cukup mesin jahit bermesin kecil atau mesin jahit manual.

Kecuali utuk mesin obras atau mesin neci, aku sarankan untuk membeli mesin besar karena hasilnya lebih bagus dan kuat dibandingkan mesin obras dinamo kecil. Tidak harus membeli mesin yang baru kok, beli saja mesin second, tapi kita harus teliti dan hati-hati membeli mesin second ini.

Bila kita sudah memutuskan untuk membeli mesin jahit low speed (mesin jahit dinamo kecil),biasanya akan muncul lagi pertanyaan, akan memilih mesin jahit multifungsi (portable) atau mesin jahit lurus (mesin kayuh/manual)….kalau menurut aku sih, kalo bisa kita beli dua-duanya :)….dengan mesin jahit portable (multifungsi), kita bisa memilih banyak model jahitan/variasi (tergantung jenis mesin), jadi tidak hanya jahitan lurus saja, selain itu mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat lubang kancing, jahitan semi obras dan semi neci. Nah biasanya aku mengkombinasikan kedua mesin tsb, untuk menjahit lurus aku gunakan mesin jahit lurus, sedangkan untuk menjahit variasi atau membuat lubang kancing aku gunakan mesin jahit portable ini. Salah satu kelebihan mesin jahit portable adalah mesin jahit ini bisa kita bawa-bawa (portable), tapi kelemahannya adalah kalau mati listrik, mesin ini tidak bisa kita gunakan, sedangkan mesin jahit kayuh masih bisa kita genjot kan.

Kalau aku diharuskan untuk membeli salah satunya dulu, mungkin aku akan membeli mesin jahit portable terlebih dahulu, karena mesin jahit ini memiliki fungsi yang lengkap dan lebih mudah dioperasikan daripada mesin jahit manual (kayuh). Percaya atau tidak, banyak mereka yang bisa/biasa menjahit mengunakan mesin dinamo, begitu disuruh genjot, nggak maju-maju tuh….alias tidak bisa.
Tapi dalam memilih mesin jahit portable, kita harus teliti dan hati-hati karena saat ini dipasaran banyak sekali daleman mesin (tuas,poros,dll) yang menggunakan material yang terbuat dari plastik, sehingga berat mesin sangat enteng tetapi daya tahan dan kekuatan sangat berkurang.

Tips membeli mesin jahit dilihat dari barang:
1. Tentukan Kriteria Kebutuhan Anda
Jangan silap dengan kecanggihan mesin jahit yang ada di toko. Karena walaupun mesin jahit tersebut canggih dan modern tetapi tidak sesuai dengan kriteria kebutuhan anda ya jangan di beli.


2. Bodi Mesin Jahit
Mesin jahit sayaa sudah berumur hampir 30 tahun tetapi bodi dan mesinnya masih oke. Jadi kalau saya merekomendasikan mesin jahit yang bodinya terbuat dari besi. Walaupun agak berat untuk di tenteng tetapi body yang melindungi mesin akan tetap awet daripada yang terbuat dari fiber.


3. Rotasi
Belilah mesin jahit yang rotasinya halus agar suara mesin jahit tidak berisik dan mengganggu. Sama halnya dengan mobil semakin halus rotasi mesin jahit semakin bagus.


4. Variasi Jahitan
Memang semakin banyak variasi jahitan membuat mesin jahit tersebut semakin bagus. Tapi saran saya biasanya mesin jahit yang mempunyai variasi banyak semakin mahal. Jadi sesuaikan dengan budget anda. Toh mesin jahit yang variasinya tidak banyak belum tentu tidak bagus.


5. Spare Parts dan Garansi
Belilah mesin jahit yang spare partnya mudah di dapat karena jika terjadi kerusakan anda bisa segera memperbaiki mesin jahit tersebut. Jangan lupa perhatikan dan manfaatkan garansi. Belilah mesin jahit yang garansinya masih lama karena jika ada kerusakan anda masih bisa mendapatkan fasilitas spare part dan perbaikan yang gratis. Kalau saya menyarankan belilah mesin jahit yang merk nya banyak di gunakan jangan membeli mesin jahit yang merk nya tidak terkenal
Nah dari postingan ini semoga bisa membantu anda untuk membeli mesin jahit yang bagus.

Nah, pilah-pilah point penting diatas untuk menjadi patokan mencari mesin jahit bekas. selamat berburu.
Terimakasih, semoga kita semua mendapatkan keselamatan dari Alloh SWT. artikel Tips Cara Memilih Mesin Jahit Bekas
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Cara Memilih Mesin Jahit Bekas
Ditulis oleh mukhammad nur
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://cintafido.blogspot.com/2013/10/tips-cara-memilih-mesin-jahit-bekas.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Bunda Nadhifa mengatakan...

Bermanfaat sekali mba tips nya... oia mba apa benar mesin jahit postable tidak bisa semi obras (padahal di keterangan fungsinya ada fungsi semi obras dan semi neci) ... bagaimana tu mba mohon penjelasan mba??

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Online Skill - Cinta fido Fido | Kopi kanan Akherat | Kisah Nabi Muhammad | Sahabat | Belajar Blogger | Template | HTML | Tutorial | Komputer.

investasi semoga anda senang

kurs mata uang BCA-2


Selamat datang di blog cinta fido, semoga anda diberi keSehatan oleh alloh SWT

Islam itu Cinta Damai Agama Islam Cinta Damai
jihad Damai adalah amal kebaikan yang Allah perintahkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam