memberi warna mc dengan action script 3 flash

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown Minggu, 18 Maret 2012 0 komentar
Bila kita ingin merubah warna pada sebuah movie clip tentulah sangat mudah, tinggal klik movie clip kemudian pada movie clip propertyes dipilih tint lalu pilih warna yang di inginkan. Tapi jika kita ingin merubahnya secara action script misalnya untuk aplikasi mewarnai gambar, bagaimana caranya?
Sebelum kita bicarakan lebih lanjut perlu diketahui adalah warna yang diubah adalah warna dari movie clip. Satu movie clip memiliki 1 macam warna, jadi bila satu gambar memiliki banyak warna maka harus dijadikan banyak movie clip. Langsung saja mari kita ikuti langkah langkah berikut :
  1. Buat movie clip sederhana , misalkan lingkaran dengan ukuran 40x40 dengan wana bebas (jangan merah).
  2. Pasangkan pada movie clip (ingat Action Script pada movie clip bila tidak paham silahkan pelajari postingan ini) listing program berikut:
    onClipEvent (load) {
    new Color(this).setRGB(0xff0000);
    }
  3. Tekan ctrl-enter. Bila movie clip tersebut berubah menjadi merah berarti action script anda benar.
Kode warna 0xff0000 adalah kode warna yang menyatakan merah (Red) dengan nilai FF (bilangan hexa), hijau (Green) dengan nilai 00 dan biru (Blue) dengan nilai 00. Untuk memahami campuran warnanya silahkan lihat docker color pada flash. Trus bagaiman bila akan dibuat menjadi games mewarnai? Saya akan memberikan action script yang lengkap dengan gambar yang sederhana, bila anda ingin membuat games yang menarik ubah gambar menjadi lebih menarik. Untuk mencobanya ikuti saja langkah berikut:
  1. Buat movie clip sederhana , misalkan lingkaran dengan ukuran 40x40 dengan wana bebas (jangan merah).
  2. Pasangkan pada movie clip (ingat Action Script pada movie clip bila tidak paham silahkan pelajari postingan ini) listing program berikut:
    onClipEvent (load) {
        warnaini = 0xff0000;
        new Color(this).setRGB(warnaini);
        this.onRelease = function() {
            _root.warna = warnaini;
        };
    }
  3. Copykan movie clip pada langkah 2 sebanyak yang anda inginkan untuk menjadi warna palet, dan jangan lupa merubah variabel "warnaini" dengan warna yang lain.
  4. Buatlah object untuk diberi warna, dengan bentuk movie clip sederhana, misalnya bentuk segi empat dengan ukuran 80x80. 
  5. Pasangkan pada movie clip (ingat Action Script pada movie clip bila tidak paham silahkan pelajari postingan ini) listing program berikut:
    onClipEvent (load) {
    this.onRelease = function() {
            new Color(this).setRGB(_root.warna);
        };
    }
  6. Bila menginginkan object yang diwanai banyak anda tinggal mengcopykan langkah 5 sesuai keinginan anda. atau mungkin ingin seperti postingan ini? (buat masing-masing bentuk menjadi movie clip yang tersendiri kemudian pasangkan action script pada langkah 5)
  7. Tekan ctrl-enter.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: memberi warna mc dengan action script 3 flash
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://cintafido.blogspot.com/2012/03/memberi-warna-mc-dengan-action-script-3.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Online Skill - Cinta fido Fido | Kopi kanan Akherat | Kisah Nabi Muhammad | Sahabat | Belajar Blogger | Template | HTML | Tutorial | Komputer.

investasi semoga anda senang

kurs mata uang BCA-2


Selamat datang di blog cinta fido, semoga anda diberi keSehatan oleh alloh SWT

Islam itu Cinta Damai Agama Islam Cinta Damai
jihad Damai adalah amal kebaikan yang Allah perintahkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam