harga liur walet anjlok 2011

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by mukhammad nur Sabtu, 03 Desember 2011 0 komentar
mudah2 an cepat kembali normal.
sumber :
http://www.sampitonline.com/index.php?option=com_content&view=article&id=2436:harga-liur-walet-anjlok


Ilustrasi(phototo: wayantulus.com)
SAMPIT – Anjloknya harga sarang mentah burung walet mulai membuat resah pengusaha walet di Kabupaten Kotim dan sejumlah daerah lainnya. Terlebih bagi pengusaha yang tergolong pengusaha kecil, mereka khawatir harga terus merosot sehingga mereka terancam gulung tikar.
Turunya harga pasaran sarang walet sangat berpengaruh kepada pembudidaya rumah burung walet (RBW) skala lokal dengan modal pas-pasan. Namun bagi pengusaha bagi investor dengan modal besar, kondisi ini masih dapat mereka jalani. Untuk diketahui, harga sarang walet sebelum Ramadhan, sarang mangkuk super kisaran Rp 11-12 juta per kilo,sarang sudut Rp 9-10 juta per kilo dan pecahan Rp 5-6 juta per kilo. Namun kini harganya menyusut turun secara bertahap, untuk sarang mangkuk super terjun bebas ke angka Rp 6 juta per kilo.
Ketua Himpunan Petani/Penangkar Walet Samuda (HP2WS), H Mastur membenarkan walet sedang bergejolak. Meski demikian hanya sebagian besar peengusaha lokal khususnya masyarakat Samuda saja yang sedikit resah. Disebutkannya, banyak versi kebenaran informasi terkait anjloknya nilai sarang walet ini.
Ada yang menyebutkan sekarang sistem perdagangan sarang burung walet di Cina sedang bergejolak sehingga negeri tirai bambu itu untuk beli sarang, sedikit berkurang. Penyebab lain, ada beredar isu nilai kemurnian sarang walet asal Inodnesia sedang menyusut, sehingga importir enggan membeli dan beralih ke negara lain, seperti Singapura atau Malaysia.
Dengan dua perkiraan itu, lanjutnya ada yang sangat memungkinkan penyebab terpuruknya nilai sarang walet, karena adanya permainan (spekulan) para ekportir.
Sementara, Yan salah satu pengepul terbesar asal Samuda juga tidak menampik tentang informasi anjloknya nilai jual sarang burung walet. Keadaan ini, secara tidak langsung berdampak dengan penyusutan pendapatan untuk memperoleh barang yang bisa dikirim ke Pulau Jawa.
Menurut Yan, banyak versi kenapa nilai sarang menjadi terpuruk salah satunya, produk sarang Indonesia kembali dipertanyakam keabsahannya, misalnya seperti produk makanan ada label halal. Selain itu, adanya kode produk yang menyatakan tidak mengandung kimia atau terkontaminasi serta tertular penyakit, terlebih barang dari Indonesia harus ada lisensi pajak.
“Sebenarnya harga di pasaran Hongkong dan Cina masih normal. Tapi sayamemperkirakan nilai jadi anjlok karena sistem birokrasi lalu lintas barang yang sangat sulit, terlalu banyak biaya taktis,” bebernya.
Ditambahkannya, turunnya nilai jual sarang karena adanya isu kesenjangan sosial antara sentra produksi sarang Indonesia dengan negara tetangga seperti Singapura ataupun Malaysia yang sedang terterpa kalah saing. 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: harga liur walet anjlok 2011
Ditulis oleh mukhammad nur
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://cintafido.blogspot.com/2011/12/harga-liur-walet-anjlok-2011.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Panduan blog dan SEO support Online Skill - Cinta fido Fido | Kopi kanan Akherat | Kisah Nabi Muhammad | Sahabat | Belajar Blogger | Template | HTML | Tutorial | Komputer.

investasi semoga anda senang

kurs mata uang BCA-2


Selamat datang di blog cinta fido, semoga anda diberi keSehatan oleh alloh SWT

Islam itu Cinta Damai Agama Islam Cinta Damai
jihad Damai adalah amal kebaikan yang Allah perintahkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam