Belajar Action Script di Flash
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Posted by Unknown
Rabu, 21 September 2011
2
komentar
Dimaz's Blog
don't make it complicated, just work through it...
Tak kenal maka kenalan, Pepatah kuno nan berguna.
Sebenernya kalo dari pengalaman[baca:sotoy] saya, kalo mau belajar sesuatu itu kita harus nyetting pikiran dulu. Kalo kata pak Budi Raharja : "Yang penting harus senang dulu".
Saya setuju banget, kalo setengah-setengah pasti hasilnya juga setengah-setengah, coba bayangin misalnya ada koki gak suka bikin sayur asem kalo setengah2 ntar jadinya setengah asem dong fufufufu. Nah setelah mind setting yuk kita belajar Action Script. Ayuk!!
Action Script itu adalah bahasa pemrograman yang ada di Flash dan sekarang sudah mencapai versi 3.0, apabila anda sudah menguasai bahasa java [krama inggil recommended] maka saya pikir no problemo untuk anda menguasai Script ini.
Action Script ini dapat menyatukan sebuah animasi dengan pemrograman sehingga hasil dari perpaduan keduanya akan lebih ajiibbb, diantaranya dapat menghemat ukuran file, kolaborasi dengan database, membuat sistem navigasi situs, dan yang pasti lebih interaktif.
Sama halnya dengan java, Action Script(AS) juga memiliki Object dan class, object adalah tipe data meliputi teks, gambar, bahkan suara. Dan object merupakan bagian dari kelas. Agar anda tidak bingung saya akan menganalogikan dengan bahasa manusia , contoh :
- Class : hewan maka object : kucing, gajah, semut
- Class : Makanan maka object : kerak telor, rawon setan, bebek peking
Kemudian object tersebut juga memiliki properties dan method. Properties adalah sesuatu yang dapat membedakan objek tersebut dengan objek yang lain, sedangkan method adalah ‘apa’ yang dapat di lakukan si objek contoh :
- Object : ayam
properties-nya : berat = ringan, berbulu = iya, jumlahKetek = 2.
method : berjalan(), salaman()
- Object : gajah
properties-nya : berat = sangat berat, berbulu = sedikit, jumlahKetek = 4.
method : berjalan, berlari()
Aturan Penulisan
Aturan penulisan pada flash :
- Penulisan statement diakhiri dengan semicolon ;
- Pengelompokkan menggunakan kurung kurawal {}
- Penulisan comment untuk hanya 1 baris diawali dengan // , jika lebih dari 1 baris menggunakan /* dan diakhiri */
Tipe Data
Number, digunakan untuk data berupa angka.
String, digunakan untuk data berupa huruf , angka , dan simbol.
Boolean, untuk menghasilkan nilai true atau false.
Operator
+ , penambahan
- , pengurangan
* , perkalian
/ , pembagian
++ , penambahan 1 pada angka sebelumnya
– , pengurangan 1 pada angka sebelumnya
== , sama dengan
< , kurang dari > , lebih dari
<= , kurang atau sama dengan >= , lebih atau sama dengan
!= , tidak sama dengan
Demikian perkenalan dengan action script semoga bermanfaat :)

Kali ini kita belajar tentang listener pada action script 2.0 di flash,
Saya coba cari referensi di F1 flash itu seperti ini :
Ngerti kan? nggak, sama saya juga hehe. Kalau versi saya itu listener itu adalah sebuah fungsi yang akan menghandle sebuah object. Analoginya begini, misalnya kita ingin menggambar di buku gambar. Apa saja object yang kita perlukan?
Sekarang kita translasikan ke flash ya jadi kita akan membuat suatu kanvas sebagai tempat menggambar tanpa menggunakan motion jadi semuanya full script, agar lebih jelas silakann anda coba menggambar di canvas/'buku gambar' yang sudah disediakan di bawah dengan cara men-drag mouse dan menggerakannya. Jika ingin menghapus tekan spasi.

Bagaimana action script untuk mengontrol suara pada flash?
caranya simple kok, cukup 1 frame saja.
Jadi perhatikan ya scriptnya :).
Skenarionya seperti berikut, kita akan membuat player flash sendiri yang nantinya bisa kita pamerin di blog/website/friendster :). Kita mempunyai lagu misal ourhouse[phantom planet].mp3 , kemudian ada tombol play dan tombol stop di satu frame.
Langkah-langkahnya :
Penjelasan script :
baris 1 : kita membuat class suara dengan nama laguKu, hal ini berguna untuk memanggil fungsi-fungsi yang ada di kelas sound.
baris 2-5 : script untuk memainkan lagu, pada attachSound berarti memanggil lagu yang ingin di mainkan, pada start(0,3) berarti lagu dimainkan dari detik ke 0 dan diulang hingga 3 kali.
baris 6-8 : script untuk menghentikan lagu.
Selesai, mudah kan :). Semoga membantu.
Sebenernya kalo dari pengalaman[baca:sotoy] saya, kalo mau belajar sesuatu itu kita harus nyetting pikiran dulu. Kalo kata pak Budi Raharja : "Yang penting harus senang dulu".
Saya setuju banget, kalo setengah-setengah pasti hasilnya juga setengah-setengah, coba bayangin misalnya ada koki gak suka bikin sayur asem kalo setengah2 ntar jadinya setengah asem dong fufufufu. Nah setelah mind setting yuk kita belajar Action Script. Ayuk!!
Action Script itu adalah bahasa pemrograman yang ada di Flash dan sekarang sudah mencapai versi 3.0, apabila anda sudah menguasai bahasa java [krama inggil recommended] maka saya pikir no problemo untuk anda menguasai Script ini.
Action Script ini dapat menyatukan sebuah animasi dengan pemrograman sehingga hasil dari perpaduan keduanya akan lebih ajiibbb, diantaranya dapat menghemat ukuran file, kolaborasi dengan database, membuat sistem navigasi situs, dan yang pasti lebih interaktif.
Sama halnya dengan java, Action Script(AS) juga memiliki Object dan class, object adalah tipe data meliputi teks, gambar, bahkan suara. Dan object merupakan bagian dari kelas. Agar anda tidak bingung saya akan menganalogikan dengan bahasa manusia , contoh :
- Class : hewan maka object : kucing, gajah, semut
- Class : Makanan maka object : kerak telor, rawon setan, bebek peking
Kemudian object tersebut juga memiliki properties dan method. Properties adalah sesuatu yang dapat membedakan objek tersebut dengan objek yang lain, sedangkan method adalah ‘apa’ yang dapat di lakukan si objek contoh :
- Object : ayam
properties-nya : berat = ringan, berbulu = iya, jumlahKetek = 2.
method : berjalan(), salaman()
- Object : gajah
properties-nya : berat = sangat berat, berbulu = sedikit, jumlahKetek = 4.
method : berjalan, berlari()
Aturan Penulisan
Aturan penulisan pada flash :
- Penulisan statement diakhiri dengan semicolon ;
- Pengelompokkan menggunakan kurung kurawal {}
- Penulisan comment untuk hanya 1 baris diawali dengan // , jika lebih dari 1 baris menggunakan /* dan diakhiri */
Tipe Data
Number, digunakan untuk data berupa angka.
String, digunakan untuk data berupa huruf , angka , dan simbol.
Boolean, untuk menghasilkan nilai true atau false.
Operator
+ , penambahan
- , pengurangan
* , perkalian
/ , pembagian
++ , penambahan 1 pada angka sebelumnya
– , pengurangan 1 pada angka sebelumnya
== , sama dengan
< , kurang dari > , lebih dari
<= , kurang atau sama dengan >= , lebih atau sama dengan
!= , tidak sama dengan
Demikian perkenalan dengan action script semoga bermanfaat :)
Yoshh kembali lagi sekarang kita ke flash, kali ini saya mau memperkenalkan jurus masking dan membuat mouse pointer sendiri pada flash 8 dan sedikit action script 2.0 didalamnya. Ini saya buat contoh dengan kedua teknik tersebut, coba cari ada berapa totoro disitu? :p
//Fungsi menyumpetkan mouse pointer yang asliYosshh, selesai. Contohnya seperti yang di bawah nih.
Mouse.hide();
//Fungsi menggerakan si newMouse sesuai gerakan cursor
newMouse.onMouseMove = function() {
this._x = _xmouse;
this._y = _ymouse;
updateAfterEvent();
};
Labels: action script, belajar, flash
Kali ini kita belajar tentang listener pada action script 2.0 di flash,
Saya coba cari referensi di F1 flash itu seperti ini :
Event listeners let an object, called a listener object, receive events broadcast by another object, called a broadcaster object. The broadcaster object registers the listener object to receive events generated by the broadcaster. For example, you can register a movie clip object to receiveonResize
notifications from the Stage, or a button instance could receiveonChanged
notifications from a text field object. You can register multiple listener objects to receive events from a single broadcaster, and you can register a single listener object to receive events from multiple broadcasters.
Ngerti kan? nggak, sama saya juga hehe. Kalau versi saya itu listener itu adalah sebuah fungsi yang akan menghandle sebuah object. Analoginya begini, misalnya kita ingin menggambar di buku gambar. Apa saja object yang kita perlukan?
- Buku gambar sebagai area untuk menggambar, kadang-kadang tembok juga media yang bagus :p.
- Alat tulis.
- Penghapus.
Sekarang kita translasikan ke flash ya jadi kita akan membuat suatu kanvas sebagai tempat menggambar tanpa menggunakan motion jadi semuanya full script, agar lebih jelas silakann anda coba menggambar di canvas/'buku gambar' yang sudah disediakan di bawah dengan cara men-drag mouse dan menggerakannya. Jika ingin menghapus tekan spasi.
Labels: action script, flash
Mengontrol Suara Pada Flash action Script 2.0
7 comments Posted by Dimaz Arno at 6/18/2008 05:48:00 AMBagaimana action script untuk mengontrol suara pada flash?
caranya simple kok, cukup 1 frame saja.
Jadi perhatikan ya scriptnya :).
Skenarionya seperti berikut, kita akan membuat player flash sendiri yang nantinya bisa kita pamerin di blog/website/friendster :). Kita mempunyai lagu misal ourhouse[phantom planet].mp3 , kemudian ada tombol play dan tombol stop di satu frame.
Langkah-langkahnya :
- Import File mp3-nya dengan cara klik File -> Import -> Import to library.
- Pada library-nya klik kanan .mp3 nya pilih linkage, centang Export for ActionScript dan Export in first frame. Beri nama identifiernya : ourHouse
- Sekarang buat 2 tombol, berikan masing-masing dengan nama instance : play_btn dan stop_btn.
- Sekarang ketikkan actionscript pada frame 1 seperti berikut :
laguKu = new Sound();
play_btn.onRelease = function() {
laguKu.attachSound("ourHouse");
laguKu.start(0, 3);
};
stop_btn.onRelease = function() {
laguKu.stop();
};
Penjelasan script :
baris 1 : kita membuat class suara dengan nama laguKu, hal ini berguna untuk memanggil fungsi-fungsi yang ada di kelas sound.
baris 2-5 : script untuk memainkan lagu, pada attachSound berarti memanggil lagu yang ingin di mainkan, pada start(0,3) berarti lagu dimainkan dari detik ke 0 dan diulang hingga 3 kali.
baris 6-8 : script untuk menghentikan lagu.
Selesai, mudah kan :). Semoga membantu.
Labels: action script, flash
Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu flash interaktif.
Salah satu teknik yang digunakan untuk flash interaktif ataupun quiz interaktif adalah Drag and Drop (DnD), DnD seperti namanya yaitu berfungsi untuk men-drag suatu object kemudian meletakkannya(drop).
Kasus yang saya gunakan adalah request-an dari beberapa email yang masuk ke email saya (wow akhir2 ini banyak yang menanyakan tentang kuis interaktif), disini diberikan sebuah soal gambar dengan jawaban acak di samping gambar, kemudian murid akan mencocokkan mana jawaban yang benar dengan men-drag and drop. Jika jawaban benar maka object yang di drag akan menempati posisi jawaban yang benar, tapi jika salah akan kembali ke posisi awal.
Analisa dulu yang kita perlukan disini adalah :
1. Gambar Soal.
2. Object Jawaban.
3. Object Target.
4. Dynamic text untuk keterangan Jawaban (Benar/Salah)
5. Action Script.
Oks sudah beres tahap analisis (Out Of Topic: analisis - desain - implementasi - evaluasi merupakan tahapan minimal pembuatan software yang baik), sekarang buka flash anda.
Tahapan pada flash :
1. Masukkan image gambar soal jika ada, kalau tidak ada anda dapat membuat sendiri di dalam flash. Untuk mengimport gambar :
2. Buat Object Jawaban (lihat gambar dibawah). Dengan cara buat kotak dengan jawaban di dalamnya kemudian seleksi object jawaban tersebut dan jadikan movie clip, pada propertiesnya berikan nama adn_mc(Penamaan bebas, pada kasus ini saya membuat object jawaban adalah adn dan kapsid).
Buat juga untuk Object jawaban kapsid namun pada propertiesnya beri nama kapsid_mc.

3. Buat Object Target. Dengan cara buat kotak biasa kemudian seleksi object target tersebut dan jadikan movie clip, pada propertiesnya berikan nama adnTarget_mc(Penamaan bebas, pada kasus ini saya membuat object target adalah adn dan kapsid).
Buat juga untuk Object jawaban kapsid namun pada propertiesnya beri nama kapsidTarget_mc.

4. Membuat keterangan jawaban benar atau salah. Buat text dengan properties Dynamic Text dan beri nama keterangan.

5. Action Script. ketikkan script berikut pada layer baru.
//Script untuk ADN
origXAdn = adn_mc._x;
origYAdn = adn_mc._y;
adn_mc.onPress = function() {
this.startDrag();
};
adn_mc.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == adnTarget_mc) {
this._x=adnTarget_mc._x;
this._y=adnTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
} else {
this._x = origXAdn;
this._y = origYAdn;
keterangan.text="Salah";
}
};
//Script untuk Kapsid
origXKapsid = kapsid_mc._x;
origYKapsid = kapsid_mc._y;
kapsid_mc.onPress = function() {
this.startDrag();
};
kapsid_mc.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == kapsidTarget_mc) {
this._x=kapsidTarget_mc._x;
this._y=kapsidTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
} else {
this._x = origXKapsid;
this._y = origYKapsid;
keterangan.text="Salah";
}
};
Penjelasan Action Script :
origXAdn = adn_mc._x;
origYAdn = adn_mc._y;
Script diatas berfungsi untuk mengmbil posisi(x,y) asli dari movie clip adn_mc. Hal ini bertujuan agar ketika jawaban salah akan di kembalikan ke posisi semula.
adn_mc.onPress = function() {
this.startDrag();
};
Script diatas berfungsi untuk mengaktifkan fungsi drag pada movieclip adn_mc
adn_mc.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == adnTarget_mc) {
this._x=adnTarget_mc._x;
this._y=adnTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
} else {
this._x = origXAdn;
this._y = origYAdn;
keterangan.text="Salah";
}
};
Script diatas untuk mengaktifkan fungsi drop. Dengan kondisi
if (eval(this._droptarget) == adnTarget_mc) {
this._x=adnTarget_mc._x;
this._y=adnTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
Yang berarti jika adn_mc di drop tepat diats adnTarget_mc, maka posisi dari adn_mc akan menempati posisi adnTarget, dan jawabannya adalah benar.
} else {
this._x = origXAdn;
this._y = origYAdn;
keterangan.text="Salah";
Yang berarti jika posisi adn_mc tidak mengenai adnTarget_mc maka dikembalikan ke posisi semula dan keterangan diisi salah.
Terakhir compile dengan menekan ctrl+enter, selesai.
Maaf tidak bisa saya upload filenya karena free space quota saya yang sudah menipis :( , untuk yang berminat mendowload contoh dari program ini silakan hubungi saya. Sekian semoga dapat membantu :) .
Salah satu teknik yang digunakan untuk flash interaktif ataupun quiz interaktif adalah Drag and Drop (DnD), DnD seperti namanya yaitu berfungsi untuk men-drag suatu object kemudian meletakkannya(drop).
Kasus yang saya gunakan adalah request-an dari beberapa email yang masuk ke email saya (wow akhir2 ini banyak yang menanyakan tentang kuis interaktif), disini diberikan sebuah soal gambar dengan jawaban acak di samping gambar, kemudian murid akan mencocokkan mana jawaban yang benar dengan men-drag and drop. Jika jawaban benar maka object yang di drag akan menempati posisi jawaban yang benar, tapi jika salah akan kembali ke posisi awal.
Analisa dulu yang kita perlukan disini adalah :
1. Gambar Soal.
2. Object Jawaban.
3. Object Target.
4. Dynamic text untuk keterangan Jawaban (Benar/Salah)
5. Action Script.
Oks sudah beres tahap analisis (Out Of Topic: analisis - desain - implementasi - evaluasi merupakan tahapan minimal pembuatan software yang baik), sekarang buka flash anda.
Tahapan pada flash :
1. Masukkan image gambar soal jika ada, kalau tidak ada anda dapat membuat sendiri di dalam flash. Untuk mengimport gambar :
File -> Import -> Import to Stage
2. Buat Object Jawaban (lihat gambar dibawah). Dengan cara buat kotak dengan jawaban di dalamnya kemudian seleksi object jawaban tersebut dan jadikan movie clip, pada propertiesnya berikan nama adn_mc(Penamaan bebas, pada kasus ini saya membuat object jawaban adalah adn dan kapsid).
Buat juga untuk Object jawaban kapsid namun pada propertiesnya beri nama kapsid_mc.
3. Buat Object Target. Dengan cara buat kotak biasa kemudian seleksi object target tersebut dan jadikan movie clip, pada propertiesnya berikan nama adnTarget_mc(Penamaan bebas, pada kasus ini saya membuat object target adalah adn dan kapsid).
Buat juga untuk Object jawaban kapsid namun pada propertiesnya beri nama kapsidTarget_mc.
4. Membuat keterangan jawaban benar atau salah. Buat text dengan properties Dynamic Text dan beri nama keterangan.
5. Action Script. ketikkan script berikut pada layer baru.
//Script untuk ADN
origXAdn = adn_mc._x;
origYAdn = adn_mc._y;
adn_mc.onPress = function() {
this.startDrag();
};
adn_mc.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == adnTarget_mc) {
this._x=adnTarget_mc._x;
this._y=adnTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
} else {
this._x = origXAdn;
this._y = origYAdn;
keterangan.text="Salah";
}
};
//Script untuk Kapsid
origXKapsid = kapsid_mc._x;
origYKapsid = kapsid_mc._y;
kapsid_mc.onPress = function() {
this.startDrag();
};
kapsid_mc.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == kapsidTarget_mc) {
this._x=kapsidTarget_mc._x;
this._y=kapsidTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
} else {
this._x = origXKapsid;
this._y = origYKapsid;
keterangan.text="Salah";
}
};
Penjelasan Action Script :
origXAdn = adn_mc._x;
origYAdn = adn_mc._y;
Script diatas berfungsi untuk mengmbil posisi(x,y) asli dari movie clip adn_mc. Hal ini bertujuan agar ketika jawaban salah akan di kembalikan ke posisi semula.
adn_mc.onPress = function() {
this.startDrag();
};
Script diatas berfungsi untuk mengaktifkan fungsi drag pada movieclip adn_mc
adn_mc.onRelease = function() {
this.stopDrag();
if (eval(this._droptarget) == adnTarget_mc) {
this._x=adnTarget_mc._x;
this._y=adnTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
} else {
this._x = origXAdn;
this._y = origYAdn;
keterangan.text="Salah";
}
};
Script diatas untuk mengaktifkan fungsi drop. Dengan kondisi
if (eval(this._droptarget) == adnTarget_mc) {
this._x=adnTarget_mc._x;
this._y=adnTarget_mc._y;
keterangan.text="Benar";
Yang berarti jika adn_mc di drop tepat diats adnTarget_mc, maka posisi dari adn_mc akan menempati posisi adnTarget, dan jawabannya adalah benar.
} else {
this._x = origXAdn;
this._y = origYAdn;
keterangan.text="Salah";
Yang berarti jika posisi adn_mc tidak mengenai adnTarget_mc maka dikembalikan ke posisi semula dan keterangan diisi salah.
Terakhir compile dengan menekan ctrl+enter, selesai.
Maaf tidak bisa saya upload filenya karena free space quota saya yang sudah menipis :( , untuk yang berminat mendowload contoh dari program ini silakan hubungi saya. Sekian semoga dapat membantu :) .
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Action Script di Flash
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://cintafido.blogspot.com/2011/09/belajar-action-script-di-flash.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
2 komentar:
makasii yaaa...:))
he... sebenare copy paste yg banyak ckckkcc... bagi-bagi ilmu semoga semua bermanfaat.
Posting Komentar