Didalam
tutorial kali ini, belajar cara membuat animasi sederhana di Flash
biker CS5 dengan
efek salju dengan flash |
efek hujan salju di latar belakang. coba anda baca :
Teks Dengan scripth as3 dan tidak kalah penting juga yaitu
partikel efek kembang api bila anda penasaran baca
belajar dasar partikel salju flash Tutorial ini akan mengajarkan cara membuat frame, keyframes, frame kosong & remaja gerak. Anda juga akan belajar bagaimana menggunakan alat deco untuk menciptakan efek salju jatuh sederhana.
1. Download Unzip
tut_files.rar .
2. Pilih
File> Open dari menubar utama, jendela Open ditampilkan.
3. Pilih file
start.fla dari jendela
Open dan pilih tombol
Open, file yang akan digunakan dalam tutorial ini dibuka.
Secara default, biker ditempatkan di area panggung, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

4. Selanjutnya, pilih
File> Impor> Impor ke Tahap dari menubar utama, jendela
Impor ditampilkan. Arahkan ke folder yang Anda download dan pilih file
background.psd. Pilih
Buka untuk impor;
Impor "background.psd" ke jendela
tahap ditampilkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
*. Psd adalah ekstensi file untuk file photoshop. Di Flash CS5, Anda dapat mengimpor file photoshop langsung ke panggung.
5. Pilih left_tree dari kiri atas jendela ini; parameter yang sesuai ditampilkan di sebelah kanan.
6. Selanjutnya, pilih opsi
Loseless dari
Kompresi daftar drop-down di daerah
Publish Settings.
Tip! Pilihan
Loseless mempertahankan kualitas sementara penerbitan animasi akhir.

6. Demikian pula, mengatur parameter yang sama untuk
front_tree dan
ikon latar belakang. Sekarang, pilih tombol
OK, gambar yang diimpor ke area panggung seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.

Pada mengimpor gambar di atas panggung, klip biker yang ada film ini tersembunyi di balik.
7. Pilih
Window> Timeline dari menubar utama jika panel
Timeline tidak ditampilkan.
Lapisan bernama
biker di bagian bawah dari semua lapisan dalam panel
Timeline.
8. Pilih lapisan
biker dan drag keatas lapisan bernama
latar belakang; biker akan bevisible di area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Menambahkan Motion Tween untuk Biker yang
1. Pilih klip
biker film dari area panggung dan memindahkannya ke kiri, keluar dari area panggung; seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.

Klip video
biker dipindahkan di sebelah kiri, keluar dari
area panggung, sehingga sementara penerbitan animasi akhir biker
muncul untuk masuk ke panggung setelah interval 2-3 detik.
2. Pilih keyframe di depan lapisan
biker pada panel
Timeline. Pastikan keyframe dipilih dan klik kanan di atasnya, sebuah flyout ditampilkan. Pilih
Create Motion Tween dari flyout; yang motion tween ditambahkan ke Timeline dalam lapisan
biker, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.

Anda dapat mengidentifikasi bahwa lapisan tertentu adalah
memiliki gerak tween ditambahkan ke dalamnya dengan simbol berbentuk
kotak di depan nama layer dan warna latar belakang biru itu lapisan
tertentu dalam timeline.
Setiap Anda menambahkan motion tween ke lapisan, jumlah frame ditambahkan dalam timeline animasi akan bermain selama 1 detik. Untuk misalnya, jika frame rate diatur ke 24fps (frame per detik), jumlah frame yang ditambahkan willl menjadi 24 jumlahnya. Anda dapat melihat frame rate default atau mengubahnya dari dasar timeline, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

3. Pilih
Selection Tool dari panel
Tools dan pilih frame paling kanan dari lapisan
biker. Tekan dan tahan tombol kiri mouse di atasnya dan tarik ke frame 160.
4. Selanjutnya, pilih klip
biker film dari area panggung.
Tekan dan tahan tombol SHIFT dan tarik klip video ke kanan, keluar
dari area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Garis berwarna hijau dibuat mewakili tween motion path untuk klip video
biker. Warna tween motion path mirip dengan warna garis besar lapisan pada panel
Timeline.
5. Tekan dan tahan tombol CTRL dan pilih frame kosong untuk
left_tree, front_tree, dan lapisan
latar belakang pada frame 160, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah. Selanjutnya, tekan tombol F5 dari keyboard untuk menambah keyframes kosong pada timeline untuk lapisan yang dipilih.

Para playhead pada panel
Timeline pada frame 160 hanya menunjukkan klip biker film di area panggung. Ini sangat, sebagai lapisan lain kecuali lapisan
pengendara motor tidak memiliki bingkai frame sampai 160. Menambahkan tombol F5 keyframes kosong memiliki konten yang sama pada lapisan pertama dari lapisan masing-masing.
6. Tekan ENTER untuk preview motion tween di area panggung.
Jika animasi karya tekan CTRL + ENTER untuk mempublikasikan animasi,
sebuah jendela baru menampilkan gerakan ditampilkan, seperti yang
ditunjukkan gambar di bawah.
Mengatur Kecepatan Motion Tween
1. Pilih
Selection Tool dari panel
Tools dan pilih tween gerak jalan berwarna hijau untuk klip video biker.
2. Pilih
Window> Properties dari menubar utama untuk menampilkan panel
SIFAT, jika belum ditampilkan.
3. Mengatur nilai
Kemudahan di daerah
NYAMAN ke -100.
Tip! Mempermudah adalah proses untuk mengontrol motion tween di flash. Mempermudah dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi Kemudahan Dalam dan Kemudahan Out.
Dalam Kemudahan Dalam, gerakan mulai perlahan-lahan, sebelum
memperoleh kecepatan sebagai waktu berjalan dengan nilai positif dan
dalam Kemudahan Out, hal itu terjadi persis berlawanan dengan nilai
negatif.
4. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk menerbitkan efek pelonggaran dalam animasi gerak tweened.
Biker mulai perlahan-lahan dan secara bertahap mempercepat
karena berlangsung sampai akhir, Anda juga bisa melakukan sebaliknya
dengan memasukkan nilai kemudahan positif.
Menambahkan Partikel Salju di Scene
1. Pilih layer
biker dari panel
Timeline dan pilih ikon
New Layer di bagian bawah kiri panel. Ubah nama layer baru sebagai
snow_1.
2. Pilih
View> Rulers dari menubar utama untuk menampilkan penanda penguasa di tepi area flash.
3. Selanjutnya, pilih
Alat Deco dari panel
Tools dan kemudian memperluas panel
PROPERTI.
4. Sekarang, pilih opsi
Partikel Sistem dari
Vine daftar drop-down berlabel
Isi di daerah
EFEK GAMBAR; pilihan
Sistem Partikel ditampilkan di panel
SIFAT, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
5. Mengatur warna dan
Partikel Partikel 1 2 putih dengan memilih kotak berwarna hitam di bawah tombol
Edit di daerah
EFEK GAMBAR, lihat gambar di bawah ini untuk Anda referensi.

3. Selanjutnya, memperluas wilayah
PILIHAN ADVANCED jika tidak secara default. Mengatur nilai berikut di daerah ini:
Jumlah Panjang = 160 Generasi Partikel = 160
Tingkat per frame = 3 tingkat Rotasi = 180
4.
Tekan CTRL + - untuk memperkecil pandangan saat ini dan klik di atas
area panggung dekat slider horisontal ditandai 200; partikel yang
dihasilkan sampai 160 bingkai.
5. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard, sebuah
jendela baru akan ditampilkan dan menunjukkan generasi partikel,
seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Partikel yang dihasilkan hanya pada kiri area adegan. Untuk memungkinkan generasi partikel pada seluruh adegan kita perlu membuat satu sistem partikel lebih
6. Pilih layer
front_tree dari panel
Timeline dan pilih ikon
New Layer di bagian bawah panel kiri, sebuah lapisan baru dibuat. Ubah nama layer ini untuk
snow_2.
7. Pilih
Alat Deco dari panel
Tools dan mengatur properti di panel
SIFAT seperti yang dibahas pada langkah 3.
8. Buat sistem partikel di sebelah kanan area panggung di mana tidak ada partikel yang dihasilkan sebelumnya. 9. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk melihat animasi tween gerakan akhir, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Demikian trutorial yang cukup panjang lebar tentang cara membuat efek salju dengan flash. semoga bermanfaat.