Mengenal AS3 Event

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown Minggu, 16 Desember 2012 0 komentar
Karena judulnya yaitu mengenal event, maka penjelasan apa itu event. Event merupakan suatu kejadian. Misalkan kita meng-klik sebuah tombol, maka event ‘klik’ akan terjadi pada tombol itu, berarti secara tidak langsung sebuah event telah terjadi.
Kenapa event itu perlu? yaitu memungkinkan terjadinya interaksi dengan objek. Misalkan kita menekan sebuah tombol, bukankah kita menginginkan sesuatu terjadi ketika kita meng-klik tombol tersebut ?? Jawabnya pasti iya dong. Nah, di situlah kita letak ke-interaktifan sebuah objek :)
Kita ambil contoh yang lain, misal kita menggerakkan mouse kita kemudian ada objek-objek yang mengikutinya, maka pergerakan mouse sendiri adalah sebuah event, sedang objek yang mengikuti adalah perintah di dalam event tersebut.
Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengimplementasikan event tersebut ke dalam kode actionscript ?

Membuat tombol yang membesar.

  • Buat sebuah dokumen flash dengan actionscript 3.0
  • Gambar sebuah kotak di tengah, kemudian seleksi dan klik kanan, kemudian pilih Convert to Symbol.
    Mengenal AS3 Event
    membuat kotak
  • Klik OK, dan terbentuk sebuah Movieclip. Sekarang ubah instance namenya menjadi kotak_mc dengan membuka panel properties (Ctrl + F3).
    Mengenal AS3 Event
    Panel Properties
  • Klik pada frame 1 layer 1, kemudian tekan F9 untuk menampilkan panel Actions – Frame
    Mengenal AS3 Event
    Panel Action
  • Ketikkan script berikut :
    import flash.events.MouseEvent;
    
    var diklik = false;
    kotak_mc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, kotakDiKlik);
    function kotakDiKlik(e:MouseEvent) {
     if (! diklik) {
      kotak_mc.scaleX = 2;
      kotak_mc.scaleY = 2;
     } else {
      kotak_mc.scaleX = 1;
      kotak_mc.scaleY = 1;
     }
     diklik = ! diklik;
    }
    
  • Sekarang tes movie-nya !
Oke, sedikit saya jelaskan mengenai coding-nya:)
Event terbagi menjadi bermacam jenis, mulai dari ActivityEvent, MouseEvent, KeyboardEvent dan masih banyak lagi (bisa dilihat di sini). Setiap event memiliki fungsi sendiri-sendiri, contohnya event paling sering digunakan yaitu Event, memiliki nama event berupa Event.COMPLETE yang biasa digunakan ketika kita melakukan load terhadap dokumen di luar flash. Dari event yang banyak itu, kita harus meng-import-kan event yang kita gunakan saja, seperti baris kode di atas yaitu import flash.event.MouseEvent; yang digunakan hanya untuk mengimport class MouseEvent, jika kita ingin mengimport semua event, gunakan import flash.event.*;.
Untuk mendeklarasikan sebuah Event, butuh untuk memanggil fungsi addEventListener(), gunanya yaitu menambahkan event ke dalam kotak_mc. kita dapat menambahkan lebih dari satu event seperti contoh berikut :
kotak_mc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, kotakDiKlik);
kotak_mc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, kotakDiLepaskan);
Tentunya kedua event akan berjalan sesuai jenis eventnya.
Selanjutnya yaitu membuat fungsi kotakDiKlik(), ingat, fungsi ini harus terdapat satu parameter bertipe event pemanggil atau bertipe class Event. contohnya seperti berikut :
function kotakDiKlik(e:MouseEvent){… (benar)
function kotakDiKlik(e:Event){… (benar)
function kotakDiKlik(e:MovieClipEvent){… (salah, karena tidak sesuai dengan pemanggilnya)

Apa itu dispatch event ?

Baik, dispatch event adalah sebuah fungsi dari class event yang digunakan untuk memberitahu event yang sedang me-listen untuk menjalankan perintah selanjutnya.
Untuk lebih jelasnya simak logika berikut :
  1. Saya ingin mencoba melakukan load dokumen XML, dan saya ingin tau kapan dokumen itu sudah selesai di-load.
  2. Maka saya tinggal menambahkan eventListener yaitu EVENT.COMPLETE.
  3. Ketika masih loading dokumen XML, belum ada perubahan.
  4. Namun ketika XML sudah di-load, maka flash melaporkan bahwa dokumen sudah selesai di-load.
  5. Laporan tersebut didengar oleh eventListener yaitu EVENT.COMPLETE dan eventListener mengeksekusi perintah selanjutnya.
Nah, ketika pelaporan tersebut dari flash ke eventListener-lah dinamakan dispatch event.
dispatch event sangat berguna untuk kita yang sering bekerja dengan loading file xml, swf, dan lainnya, juga yang ingin membuat Event sendiri.
Link Source Code : Di SINI





sumber : http://flashindonesia.com/2010/08/belajar-actionscript-3-0-mengenal-event/

Baca Selengkapnya ....

Teks Dengan scripth as3

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown 0 komentar
Teks Dengan scripth as3
Dalam membuat sebuah flash tentu sering mempergunakan teks, nah tekhnik dalam pembuatan teks ada beberapa macam, bisa dengan mempergunakan bawaan dari flash itu sendiri seperti yang kita gunakan biasa atau bisa juga dengan penulisan scripth, tekhnik ini biasanya dipergunakan untuk penulisan copyright agar jika hasil karya kita di compiler jadi yang mengedit kebingungan mencari letaknya karna biasanya sang pendesain,.. menempatkan scripth ini di daerah terpencil. sebelumnya coba baca : Mengenal AS3 Event
baiklah langsung aja Ini scripth dasarnya :


var myText:TextField = new TextField();

1.untuk menampilkan di stage kita rubah menjadi

var myText:TextField = new TextField();
myText.text = "Pustaka Flash";
addChild(myText);

2.Untuk menambahkan Warna Font kita rubah scripthnya menjadi

var myText:TextField = new TextField();
myText.text = "Pustaka Flash";
addChild(myText);

myText.textColor = 0xFF0000;

3.Untuk merubah jadi multi baris scripthnya kita ubah menjadi

var myText:TextField = new TextField();
myText.text = "Pustaka Flash tempat belajar Flash yang paling keren";
addChild(myText);

myText.textColor = 0xFF0000;
myText.wordWrap = true;

4.Untuk menambahkan border kita ubah scripthnya menjadi

var myText:TextField = new TextField();
myText.text = "Pustaka Flash tempat belajar Flash yang paling keren";
addChild(myText);

myText.textColor = 0xFF0000;
myText.wordWrap = true;
myText.border = true;

5.Untuk merubah lebar dan tinggi teks kita ubah scripthnya menjadi

var myText:TextField = new TextField();
myText.text = "Pustaka Flash tempat belajar Flash yang paling keren";
addChild(myText);

myText.textColor = 0xFF0000;
myText.wordWrap = true;
myText.border = true;
myText.width = 150;
myText.height = 40;

6.Untuk mengatur posisi teks kita ubah scripthnya menjadi

var myText:TextField = new TextField();
myText.text = "Pustaka Flash tempat belajar Flash yang paling keren";
addChild(myText);

myText.textColor = 0xFF0000;
myText.wordWrap = true;
myText.border = true;
myText.width = 150;
myText.height = 40;
myText.x = 100;
myText.y = 100;
 
Demikian cara membuat teks dengan script as3 



sumber : http://pustakaflash.com/teks-dengan-scripth-as3/

Baca Selengkapnya ....

partikel efek kembang api

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown Senin, 03 Desember 2012 0 komentar
Cara membuat partikel efek kembang api  bisa anda dapatkan script AS3 di bawah, sebelumnya anda buka dulu adobe flash milik anda, buat file baru , lanjutkan sendiri , jangan lupa tulis script di tempat Flash anda. coba baca juga : efek salju dg flash


In this free Flash ActionScript 3.0 source file and video tutorial we learn an interesting ActionScript 3.0 particle effect for making an animated fourth of july rocket blast. It uses tween effects to pull it off and also uses MOTION_FINISH event listeners on certain tweens to time things out correctly. I made this very quickly and it may have bugs... it is just an example made for people to learn advanced tween techniques and particle effect basics.
coba anda belajar dasar partikel salju flash
Demo
Download Source Files





import fl.transitions.*;
import fl.transitions.easing.*;
// AS3 Script created by Adam Khoury @ www.developphp.com
// I made this very quickly and it may have some bugs
var i:uint;
var maxParts:uint;
var firstParticle:lilstar = new lilstar;
rocket1_btn.addEventListener(MouseEvent.CLICK, shootRocket1);
function shootRocket1 (event:MouseEvent):void {
rocket1_btn.visible = false;
addChild(firstParticle);
var rocket1FlyY:Tween = new Tween(firstParticle, "y", None.easeOut, 300, 120, 1, true);
var rocket1FlyX:Tween = new Tween(firstParticle, "x", None.easeOut, 200, 225, 1, true);
rocket1FlyY.addEventListener(TweenEvent.MOTION_FINISH, rocket1Explode);
function rocket1Explode(event:TweenEvent):void {
var explosionPoint:Number = firstParticle.y;
removeChild(firstParticle);
maxParts = 18;
for (i = 0; i < maxParts; i++) {
var randNum1:Number = (Math.random() * 150) - 10 + 150;
var randNum2:Number = (Math.random() * 150) - 10 + 50;
var particle:lilstar = new lilstar;
addChildAt(particle, 0);
var particleFlyX:Tween = new Tween(particle, "x", Strong.easeOut, 225, randNum1, 4, true);
var particleFlyY:Tween = new Tween(particle, "y", Strong.easeOut, explosionPoint, randNum2, 4, true);
var particleFade:Tween = new Tween(particle, "alpha", Strong.easeOut, 1, 0, 3, true);
particleFade.addEventListener(TweenEvent.MOTION_FINISH, removeParticle);
function removeParticle(event:TweenEvent):void {
removeChildAt(0);
rocket1_btn.visible = true;
}
}
}
}


Demikian trik membuat partikel efek kembang api. semoga bermanfaat.






sumber : http://www.developphp.com/view.php?tid=294

Baca Selengkapnya ....

belajar dasar partikel salju flash

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown 0 komentar
belajar partikel salju flash | belajar dasar partikel . Pada mulanya anda Harus memiliki adobe flash, betul kan. setelah itu anda lanjutkan sendiri sampai pada membuka action scriptnya, silahkan anda belajar dengan santai sambil makan cemilan, :)

Your particle system basically consists of two parts: the particle object, and the renderer object. The idea is that you have a number of abstract particles that get fed into the renderer, which renders them in different ways. Abstract means that the particle is very generic, and does not extends anything; you can not add the object to a display list, you do not have preset hitTest functions, etc.

The renderer should use an iterative method to through the particles and render them one by one, or apply some other effect on them.

As I have mentioned, there are many different particle effects that you can apply, but for the simplicity of this first tutorial, we will have the renderer draw out a single white pixel.


The Particle Class


We will need a particle class to store all the information regarding the position, velocity, acceleration, as well as damping of the particle. If you studied harmonic motion in physics, you should know what damping means. If you have not, damping simply means applying a loss of force to the object over time.

Your particle should have the following properties:
  • position
  • velocity
  • acceleration
  • damping
With all that cleared up, lets write the particle class.

Start up your Flash and create a new Actionscipt file:

package
{
public class Particle
{
public function Particle()
{


}
}
}


To begin with, fill in the properties of the particle, as mentioned above:



package
{
public class Particle
{
public var x:Number;
public var y:Number;
public var velX:Number;
public var velY:Number;
public var accX:Number;
public var accY:Number;
public var dampX:Number;
public var dampY:Number;

public function Particle()
{


}
}
}


the default value for the data type Number in Flash is NaN, so you need to initialize their values in the


Constructor:



package  
{
public class Particle 
{
public var x:Number;
public var y:Number;
public var velX:Number;
public var velY:Number;
public var accX:Number;
public var accY:Number;
public var dampX:Number;
public var dampY:Number;
public function Particle() 
{
x = y = velX = velY = accX = accY = 0;
dampX = dampY = 1;
}
}
}


All these number look confusing, but it's all physics. I'll clear them up after I go through the renderer. With a renderer, you will be able to see how particle physics is applied graphically.


The Renderer


To recap what a renderer does, is that it stores all the particles you want to render and draw them out with an iterative method. Start a new class call renderer:


package
{
class Renderer
{
public function Renderer():void
{

}
}
}


The renderer should have some sort of collection data structure to hold the particles. For this example, I will use Vector (you can use arrays or linked lists as will, but remember that array is slower than vector is slower than linked lists).


package
{

public class Renderer
{
private var particles:Vector. ;

public function Renderer()
{
particles = new Vector. ();
}


}

}


Next, we need a method to add particles to the particle class:


public function addParicle(p:Particle):void
{
particle.push(p);
}


The Renderer needs  render function, obviously, so lets go ahead and add that. The API for the particle we want it to be able to render onto any bitmap that we want, so add the following function:


public function render(target:BitmapData):void
{
var i:int = particles.length;
while(i--)
{
target.setPixel(particles[i].x,particles[i].y,0xffffff);
}
}


Now we can actually draw something onto the screen. Add this code to your first frame:


import flash.display.BitmapData;
import flash.display.Bitmap;


var data:BitmapData = new BitmapData(800,600,false,0x000000);
var bitmap:Bitmap = new Bitmap(data);
bitmap.scaleX = bitmap.scaleY = 4;
addChild(bitmap);


this code create a black bitmap and adds it to the display list.
next, create some particles and use Renderer to draw them to the bitmap:


var render:Renderer = new Renderer();
var i:int = 100;
while(i--)
{
var p:Particle = new Particle();
p.x = Math.random() * 800;
p.y = Math.random() * 600;
render.addParicle(p);
}
render.render(data);


If you have done everything right, you should see a black background and many white dots.


I have the stage size set to 800 x 600, buts that's highly up to you.


Particle Physics


So we have rendering set up, now it's time to move on to some particle physics. For a start, lets do some gravity simulation.

It's actually very easy, what we do is apply a vertical acceleration to the velocity of the particle, and apply the resulting velocity to the particle, every frame. To do this efficiently, go back to the particle class and add an update function.


public function update():void
{
velX += accX;
velY += accY;
velX *= dampX;
velY *= dampY;
x+=velX;
y+=velY;
}


You will also need to modify your Renderer a little bit; remember, we are rendering every frame now. What we need to do is :
1 clear the screen
2 call the particles' update function
3 draw the particles



public function render(target:BitmapData):void
{
var i:int = particles.length;
target.fillRect(target.rect,0x000000);
while(i--)
{
particles[i].update();
target.setPixel(particles[i].x,particles[i].y,0xffffff);
}
}

in  your first frame, add an EventListener and give the particles some random velocities. Your first frame should now look like this:



import flash.display.BitmapData;
import flash.display.Bitmap;
import flash.events.Event;


var data:BitmapData = new BitmapData(200,150,false,0x000000);
var bitmap:Bitmap = new Bitmap(data);
bitmap.scaleX = bitmap.scaleY = 4;
addChild(bitmap);


var render:Renderer = new Renderer();
var i:int = 10;
while(i--)
{
var p:Particle = new Particle();
p.x = Math.random() * 200;
p.y = Math.random() * 150;
p.velX = Math.random()*10-5
p.velY = Math.random()*10-5;
render.addParicle(p);
}


addEventListener(Event.ENTER_FRAME, update);


function update(e:Event):void
{
render.render(data);
}


Right now, the particles are moving in uniform motion. If you want to give them some gravity, change the "velY = Math.random() * 10 - 5" to accY = 1, simple as



while(i--)
{
var p:Particle = new Particle();
p.x = Math.random() * 200;
p.y = Math.random() * 150;
p.velX = Math.random()*10-5
p.accY = 1;
render.addParicle(p);
}

In the example, I've added a loop, which makes a pretty neat effect, almost like snow.
You can find the source here





sumber : http://www.entheosweb.com/Flash/particles.asp

Baca Selengkapnya ....

efek salju dg flash

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Posted by Unknown 0 komentar
Didalam tutorial kali ini, belajar cara membuat animasi sederhana di Flash biker CS5 dengan efek salju dengan flash | efek hujan salju di latar belakang. coba anda baca :  Teks Dengan scripth as3 dan tidak kalah penting juga yaitu  partikel efek kembang api bila anda penasaran baca  belajar dasar partikel salju flash   Tutorial ini akan mengajarkan cara membuat frame, keyframes, frame kosong & remaja gerak. Anda juga akan belajar bagaimana menggunakan alat deco untuk menciptakan efek salju jatuh sederhana.
1. Download Unzip tut_files.rar .
2. Pilih File> Open dari menubar utama, jendela Open ditampilkan.
3. Pilih file start.fla dari jendela Open dan pilih tombol Open, file yang akan digunakan dalam tutorial ini dibuka.
Secara default, biker ditempatkan di area panggung, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
efek salju dg flash
4. Selanjutnya, pilih File> Impor> Impor ke Tahap dari menubar utama, jendela Impor ditampilkan. Arahkan ke folder yang Anda download dan pilih file background.psd. Pilih Buka untuk impor; Impor "background.psd" ke jendela tahap ditampilkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
*. Psd adalah ekstensi file untuk file photoshop. Di Flash CS5, Anda dapat mengimpor file photoshop langsung ke panggung.
5. Pilih left_tree dari kiri atas jendela ini; parameter yang sesuai ditampilkan di sebelah kanan.
6. Selanjutnya, pilih opsi Loseless dari Kompresi daftar drop-down di daerah Publish Settings.
Tip! Pilihan Loseless mempertahankan kualitas sementara penerbitan animasi akhir.
efek salju dg flash
6. Demikian pula, mengatur parameter yang sama untuk front_tree dan ikon latar belakang. Sekarang, pilih tombol OK, gambar yang diimpor ke area panggung seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
efek salju dg flash
Pada mengimpor gambar di atas panggung, klip biker yang ada film ini tersembunyi di balik.
7. Pilih Window> Timeline dari menubar utama jika panel Timeline tidak ditampilkan.
Lapisan bernama biker di bagian bawah dari semua lapisan dalam panel Timeline.
8. Pilih lapisan biker dan drag keatas lapisan bernama latar belakang; biker akan bevisible di area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
efek salju dg flash

Menambahkan Motion Tween untuk Biker yang

1. Pilih klip biker film dari area panggung dan memindahkannya ke kiri, keluar dari area panggung; seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
efek salju dg flash
Klip video biker dipindahkan di sebelah kiri, keluar dari area panggung, sehingga sementara penerbitan animasi akhir biker muncul untuk masuk ke panggung setelah interval 2-3 detik.
2. Pilih keyframe di depan lapisan biker pada panel Timeline. Pastikan keyframe dipilih dan klik kanan di atasnya, sebuah flyout ditampilkan. Pilih Create Motion Tween dari flyout; yang motion tween ditambahkan ke Timeline dalam lapisan biker, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
efek salju dg flash
Anda dapat mengidentifikasi bahwa lapisan tertentu adalah memiliki gerak tween ditambahkan ke dalamnya dengan simbol berbentuk kotak di depan nama layer dan warna latar belakang biru itu lapisan tertentu dalam timeline.
Setiap Anda menambahkan motion tween ke lapisan, jumlah frame ditambahkan dalam timeline animasi akan bermain selama 1 detik. Untuk misalnya, jika frame rate diatur ke 24fps (frame per detik), jumlah frame yang ditambahkan willl menjadi 24 jumlahnya. Anda dapat melihat frame rate default atau mengubahnya dari dasar timeline, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
efek salju dg flash
3. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih frame paling kanan dari lapisan biker. Tekan dan tahan tombol kiri mouse di atasnya dan tarik ke frame 160.
4. Selanjutnya, pilih klip biker film dari area panggung. Tekan dan tahan tombol SHIFT dan tarik klip video ke kanan, keluar dari area panggung, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
efek salju dg flash
Garis berwarna hijau dibuat mewakili tween motion path untuk klip video biker. Warna tween motion path mirip dengan warna garis besar lapisan pada panel Timeline.
5. Tekan dan tahan tombol CTRL dan pilih frame kosong untuk left_tree, front_tree, dan lapisan latar belakang pada frame 160, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah. Selanjutnya, tekan tombol F5 dari keyboard untuk menambah keyframes kosong pada timeline untuk lapisan yang dipilih.
efek salju dg flash
Para playhead pada panel Timeline pada frame 160 hanya menunjukkan klip biker film di area panggung. Ini sangat, sebagai lapisan lain kecuali lapisan pengendara motor tidak memiliki bingkai frame sampai 160. Menambahkan tombol F5 keyframes kosong memiliki konten yang sama pada lapisan pertama dari lapisan masing-masing.
6. Tekan ENTER untuk preview motion tween di area panggung. Jika animasi karya tekan CTRL + ENTER untuk mempublikasikan animasi, sebuah jendela baru menampilkan gerakan ditampilkan, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah.
efek salju dg flash

Mengatur Kecepatan Motion Tween

1. Pilih Selection Tool dari panel Tools dan pilih tween gerak jalan berwarna hijau untuk klip video biker.
2. Pilih Window> Properties dari menubar utama untuk menampilkan panel SIFAT, jika belum ditampilkan.
3. Mengatur nilai Kemudahan di daerah NYAMAN ke -100.
Tip! Mempermudah adalah proses untuk mengontrol motion tween di flash. Mempermudah dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi Kemudahan Dalam dan Kemudahan Out. Dalam Kemudahan Dalam, gerakan mulai perlahan-lahan, sebelum memperoleh kecepatan sebagai waktu berjalan dengan nilai positif dan dalam Kemudahan Out, hal itu terjadi persis berlawanan dengan nilai negatif.
4. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk menerbitkan efek pelonggaran dalam animasi gerak tweened.
Biker mulai perlahan-lahan dan secara bertahap mempercepat karena berlangsung sampai akhir, Anda juga bisa melakukan sebaliknya dengan memasukkan nilai kemudahan positif.

Menambahkan Partikel Salju di Scene

1. Pilih layer biker dari panel Timeline dan pilih ikon New Layer di bagian bawah kiri panel. Ubah nama layer baru sebagai snow_1.
2. Pilih View> Rulers dari menubar utama untuk menampilkan penanda penguasa di tepi area flash.
3. Selanjutnya, pilih Alat Deco dari panel Tools dan kemudian memperluas panel PROPERTI.
4. Sekarang, pilih opsi Partikel Sistem dari Vine daftar drop-down berlabel Isi di daerah EFEK GAMBAR; pilihan Sistem Partikel ditampilkan di panel SIFAT, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
5. Mengatur warna dan Partikel Partikel 1 2 putih dengan memilih kotak berwarna hitam di bawah tombol Edit di daerah EFEK GAMBAR, lihat gambar di bawah ini untuk Anda referensi.
efek salju dg flash
3. Selanjutnya, memperluas wilayah PILIHAN ADVANCED jika tidak secara default. Mengatur nilai berikut di daerah ini:
Jumlah Panjang = 160 Generasi Partikel = 160
Tingkat per frame = 3 tingkat Rotasi = 180
4. Tekan CTRL + - untuk memperkecil pandangan saat ini dan klik di atas area panggung dekat slider horisontal ditandai 200; partikel yang dihasilkan sampai 160 bingkai.
5. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard, sebuah jendela baru akan ditampilkan dan menunjukkan generasi partikel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
efek salju dg flash
Partikel yang dihasilkan hanya pada kiri area adegan. Untuk memungkinkan generasi partikel pada seluruh adegan kita perlu membuat satu sistem partikel lebih
6. Pilih layer front_tree dari panel Timeline dan pilih ikon New Layer di bagian bawah panel kiri, sebuah lapisan baru dibuat. Ubah nama layer ini untuk snow_2.
7. Pilih Alat Deco dari panel Tools dan mengatur properti di panel SIFAT seperti yang dibahas pada langkah 3.
8. Buat sistem partikel di sebelah kanan area panggung di mana tidak ada partikel yang dihasilkan sebelumnya. 9. Pilih CTRL + ENTER dari keyboard untuk melihat animasi tween gerakan akhir, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.



efek salju dg flash

Demikian trutorial yang cukup panjang lebar tentang cara membuat efek salju dengan flash. semoga bermanfaat.





source.entheosweb.com
sumber : http://blogphotographylp3idepok.blogspot.com/2011/09/bikers-flash-tutorial.html

Baca Selengkapnya ....
Panduan blog dan SEO support Online Skill - Cinta fido Fido | Kopi kanan Akherat | Kisah Nabi Muhammad | Sahabat | Belajar Blogger | Template | HTML | Tutorial | Komputer.

investasi semoga anda senang

kurs mata uang BCA-2


Selamat datang di blog cinta fido, semoga anda diberi keSehatan oleh alloh SWT

Islam itu Cinta Damai Agama Islam Cinta Damai
jihad Damai adalah amal kebaikan yang Allah perintahkan dan menjadi sebab kokoh dan kemuliaan umat islam